Asosiasi Surveyor BKI emban Misi Menuju Badan Klasifikasi yang Mendunia

0
566
Surveyor BKI

Jakarta (Samudranesia)PT.Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara  atau lebih dikenal dengan sebutan BKI  didirikan sejak 1 Juli 1964 sebagai satu–satunya badan klasifikasi nasional yang diberi wewenang oleh  pemerintah Indonesia. Badan ini bertugas untuk mengklasifikasikan kapal berdasarkan tipe dan fungsinya.

Klasifikasi kapal sebagai core business PT.BKI tidak bisa dilepaskan dari peran penting  para Surveyor BKI sebagai ujung tombak  dalam memajukan Perusahaan.

Guna mendukung misi tersebut, diperlukannya wadah aspirasi surveyor BKI untuk meningkatkan profesionalisme di perusahaan. Mengingat kompetensi dan kualifikasi dari para Surveyor BKI adalah hal yang unik dan spesifik dan tidak dimiliki oleh perusahaan–perusahaan jasa survey nasional lainnya, maka diperlukan wadah tersebut.

Sejak PT.BKI berdiri, surveyor BKI telah dipercaya oleh badan klasifikasi asing sebagai surveyor pelaksana (non-exclusive surveyor) atas nama badan klasifikasi asing tersebut. Hal ini membuktikan bahwa sumber daya Surveyor BKI telah mampu secara teknis dan telah diakui oleh badan–badan klasifikasi asing.

BKI sebagai badan klasifikasi nasional yang dituntut untuk mampu bersaing di bisnis klasifikasi internasional sangat membutuhkan surveyor–surveyor BKI yang profesional, andal, dan mampu bersaing dengan badan klasifikasi asing. Untuk itu, diperlukannya dukungan perusahaan secara penuh terhadap hak–hak professional Surveyor BKI demi terciptanya tujuan perusahaan .

Asosiasi surveyor BKI (ASKI) yang dideklarasikan di Jakarta hari ini, sebagai serikat pekerja yang  beranggotakan  para Surveyor BKI dalam mewadahi aspirasi, pengawal dan pelindung  hak profesional, dan sebagai jembatan penghubung Surveyor BKI dengan Perusahaan demi terciptanya BKI sebagai badan klasifikasi yang mendunia. (Tyo)