Air Terjun Tertinggi dan Hiu Paus pun Ada di Nabire

0
72
Dok. sites.google.com

Nabire (Samudranesia) – Sebagai sebuah destinasi wisata, Nabire bisa jadi tak sepopuler Raja Ampat, Papua Barat. Selama ini namanya justru mencuat karena hasil buminya semata, kopi. Tapi tahukah Anda, di luar itu Nabire masih menyimpan begitu banyak kekayaan alam lainnya. Yang cukup menonjol, Nabire dikelilingi banyak sekali pemandangan alam yang menawan. Selain memiliki pantai-pantai yang eksotis, di kota yang letaknya di punggung Pulau Papua ini juga terdapat sebuah air terjun yang fenomenal. Air terjun yang diklaim sebagai yang tertinggi di Bumi Papua.

Yang tak kalah fenomenalnya, di wilayah perairan Nabire, di Teluk Cendrawasih, Anda tak hanya akan mendapatkan suguhan pemandangan alam yang luar biasa, tapi juga banyak lagi. Pesona di kawasan ini selain akan memanjakan mata, banyak kegiatan wisata lain yang seolah selalu menanti Anda. Satu yang cukup menantang adalah berenang bersama sekawanan ikan hiu paus dan hiu totol. Mau tahu seperti apa objek wisata di kota yang mendapat julukan “The City of Orange” ini. Berikut paparannya:

Pantai-pantai yang Eksotis

Letaknya yang di Teluk Cenderawasih membuat Nabire dikelilingi sejumlah pantai yang eksotis. Tak berlebihan jika pantai-pantai di kota ini bisa disejajarkan dengan banyak pantai unggulan lain di negeri ini. Selain Pantai Gedo, Nabire juga memiliki sederet pantai indah lain, sebut saja, misalnya: Pantai Ahe, Pantai Nomalisa, Panta Burate, Pantai Maf hingga Pantai Musi. Di setiap pantai ini, sambil menikmati pesona alamnya, Anda bisa bebas melakukan pelbagai kegiatan wisata bahari.

Hiu Paus Jinak

Berenang tentu menjadi salah satu kegiatan wisata yang mengasyikkan di perairan Teluk Cenderawasih, Nabire. Berenang di areal ini pastinya sangat sensasional. Tak hanya karena perairannya yang cukup bersahabat, tapi juga karena hiu pausnya. Ya, kawanan hiu paus atau hiu totol yang kerap bermunculan di kawasan ini, utamanya di perairan Kwatisore, di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Tak tanggung-tanggung bobot hewan jinak dan dilindungi tersebut ada yang mencapai 6 ton. So, berenang dengan ditemani hiu paus tentu menjadi momen yang sangat impresif dan tak mungkin bisa ditemukan di tempat lain. Lebih berkesan lagi, saking jinaknya, hewan-hewan tersebut mudah akrab dengan siapapun.


Air Terjun Tertinggi

Papua harus diakui kaya akan ragam objek wisata yang menawan, termasuk tentunya air terjun. Semua orang tahu, di Tanah Papua pun banyak menyimpan objek wisata ini. Tapi, tentunya beda dengan yang ada di Nabire. Air terjun Bihewa namanya. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 m, terdiri dari tujuh tingkatan, dan diklaim sebagai air terjun tertinggi di seluruh Papua.

Air terjun Bihewa memang belum diketahui banyak orang. Pasalnya, letaknya yang cukup tersembunyi, di pedalaman Nabire. Untuk mencapainya butuh sedikit menguras tenaga. Selain terbilang cukup berat, perjalanan menuju ke lokasi ini cukup sulit. Kondisi medan yang pastinya sangat menantang, khususnya bagi Anda yang gemar trekking atau bertualang. Untuk yang lain, tak perlu khawatir, karena selama perjalanan Anda akan mendapat suguhan panorama alam yang memukau, yang sekaligus menjadi penawar rasa lelah selama perjalanan. Lebih-lebih dengan udaranya yang begitu sejuk, rasa capai dan lelah bisa jadi tak ada apa-apanya.(Guss)