5 buah yang dapat membantu mengatasi kanker

0
70
Ilustrasi

Jakarta-Samudranesia, Perlu kita ketahui, penyakit kanker adalah penyakit paling mematikan kedua di seluruh dunia, sehingga penyakit ini sering juga di sebut sebagai tumor ganas. Kanker adalah tumbuhnya daging pada sel normal, sehingga sel normal itu sendiri rusak. Penyakit ini biasanya baru dapat diketahui ketika sudah masuk fase lanjut atau stadium lanjut, untuk menghindari hal tersebut, kita dapat melakukan cek kesehatan secara teratur, sehingga penyakit kanker dapat diketahui sejak dini.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, Doktor gizi alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Susianto Tseng “Menurut Susianto, diet dan gaya hidup memainkan peran yang penting untuk mencegah dan mengatasi berbagai jenis kanker, termasuk payudara, prostat, kolorektal, dan kulit.”

Berdasarkan data riset kesehatan dasar (riskedas), prevalensi pada tahun 2013 1,4 persen sedangkan pada tahun 2018 1,8 persen, terjadi kenaikan 0,4 persen dalam kurun waktu 5 tahun. Penyakit ini bisa menyerang kepada siapa saja, balita, laki-laki, perempuan maupun orang tua, kanker dapat tumbuh di bagian mana saja pada organ tubuh manusia.

Selain cek kesehatan secara teratur, kita juga dapat mengkonsumsi buah-buahan, berikut 5 buah yang dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit kanker.

1 Lemon
Buah Lemon termasuk dalam keluarga buah jeruk, seperti limau, jeruk bali, atau jeruk. Lemon sendiri dapat tumbuh di daerah yang beriklim hangat dekat dengan khatulistiwa. Bentuk yang mungil dan berwarna kuning, ternyata di dalamnya mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya membantu mengobati penyakit kanker. Adapun kandungan vitamin yang terdapar di buah lemon seperti folat, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, niasin, vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

2 Cranberry
Buah yg berbentuk bulat mungil dan berwarna merah ini termasuk dalam golongan keluarga berry, buah ini tumbuh subur di bagian utara Amerika Serikat. Namun di Indonesia buah ini sangat sulit di temukan, akan tetapi antusiasme masyarakat kita terhadap buah ini sangat tinggi, karena terdapat banyak nutrisi, seperti protein, serat, vitamin A, C, dan K, serta antioksidan sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

3 Apel
Buah apel adalah salah satu buah yang banyak di minati oleh masyarakat, selain rasanya yang enak buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, jadi tak heran jika buah ini banyak diminati. Buah apel sendiri mengandung flavonoid, serat, air, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalium, pektin, asam ursolat dan kaya akan antioksidan.

4 Anggur
Buah ini sangat familiar di telinga kita, karena kita sering melihat buah ini di supermarket, swalayan, pinggir jalan (toko buah). Selain mudah kita temukan, buah ini pun memiliki beragam warna hijau, merah, hingga hitam pekat. Anggur mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, serat dan kadar air tinggi, zat besi, mineral, fosfor, kalsium, potasium serta kayak akan antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker.

5 Strowbery
Buah yang berbentuk unik serta warna cantik ini ternyata menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Selain rasanya yang enak, buah ini juga dapat digunakan untuk hiasan kue serta jus buah. Adapun kandungan yang terdapat antara lain vitamin C dan K, serat, folat, magnesium, dan kalium serta antioksidan yang berlimpah.(Ars)